Profil

Kementerian Dalam Negeri

Kementerian Dalam Negeri adalah kementerian yang bertugas dalam menaungi seluruh kegiatan yang bersifat internal organisasi, berhubungan dengan keorganisasisan, dan pengkaderan. Menteri sebagai penanggung jawab kementerian dibantu oleh sekertaris menteri dan staff menteri dalam menjalankan tugasnya.

Kementerian Keuangan

Kementerian keuangan adalah kementerian yang bertugas dalam pengelolaan keuangan BEM UHAMKA. Kementerian Keuangan bersama dengan Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan di bidang keuangan.

Kementerian Luar Negeri

Kementerian Luar Negeri  merupakan kementrian yang bertanggung jawab dalam menjaga hubungan baik antara BEM UHAMKA dengan BEM Universitas se-Indonesia. Keberadaan Kementrian Luar Negeri adalah sebagai media penghubung dalam menjalin kerjasama dengan Universitas se-Indonesia dengan harapan terjalin sebuah kerjasama yang positif dan bermanfat bagi semua pihak. Tak hanya itu Kementerian Luar Negeri sebagai alat propaganda BEM UHAMKA dengan adanya kajian terkait isu-isu yang ada pada saat ini. Sasaran Kementrian Luar Negeri adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional Kementrian Luar Negeri bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya. Kementrian Luar Negeri memiliki peran penting dalam membantu menginformasikan pada publik dengan menyediakan informasi yang mudah dimengerti sehingga ketidak-pedulian akan suatu organisasi dapat diatasi melalui luasnya ilmu pengetahuan.

Kementerian Sosial dan Pendidikan

Kementrian sosial dan pendidikan BEM UHAMKA merupakan kementrian yang berafiliasi pada persoalan sosial dan tendesi pada persoalan pendidikan,sekaligus merupakan alat untuk emansipasi manusia untuk memandang alam kehidupan yang berorientasi pada kepentingan bersama diatas segalanya dan juga sebagai wadah bagi mahasiswa UHAMKA untuk mengembangkan jiwa sosial serta landasan filsofis keilmuannya,bagaimanapun manusia bukanlah robot-robot yang bisa digerakan seenaknya tetapi manusia mempunyai kemerdekaan pemikirannya sendiri.

Kementrian sosial dan pendidikan juga sesuai dengan catur dharma perguruan tinggi yakni point tentang penelitian dan pengabdian masyarakat dan juga sesuai dengan amanat UUD 1945 yakni “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Apa yang dikatakan sebagai “kehidupan” merupakan dinamika semesta menurut teori dialekta,kontradiksi,negasi dan afirmasi selalu harus bermuara pada sintesa semesta (kesepakatan umum) ini yang dikatakan talcot parsons seorang sosiolog sebagai titik keseimbangan (equilibrium/harmonis) dalam relasi kehidupan sosial manusia. Adapun program-program kerja kementrian sosial dan pendidikan seperti RELAKSA, desa binaan, ramadhan ceria, uhamka menyala, dan ruang publik uhamka,merupakan program yang mentedensikan kearah sosial dan pendidikan sebagai bentuk yang nyata antara kesatuan teori dan praktik dalam sebuah emansipator kemanusiaan yang dalam bahasa Paulo Freire “Menjadi manusia” sebagai organisasi/alat yang mempunyai tujuan kementrian social dan pendidikan UHAMKA sudah selayaknya menjadi solusi dari segala arus patologi (kekacauan) sosial dalam kehidupan bermasyarakat, bangsa,dan Negara dan akhirnya jangan terus tanyakan apa yang telah Negara berikan kepadamu,tetapi tanyakan pada dirimu apa yang telah kau berikan untuk Negara.

Kementerian Ekonomi dan Kewirausahaan

Kementerian Ekonomi dan Kewirausahaan adalah Kementerian yang bergerak di bidang ekonomi dan kewirausahaan, kementerian ini di bentuk berdasarkan instruksi dari Presiden Mahasiswa dalam melihat kebutuhan suatu lembaga yang dimaksudkan dengan pentingnya melakukan kegiatan ekonomi dan pentingnya menanamkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

Kementerian Komunikasi dan Informasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (disingkat Kemenkominfo ) adalah kementerian dalam kepengurusan yang membidangi urusan komunikasi dan informatika. Kemenkominfo bergerak untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi Organisasi. Tidak hanya sebagai perantara antara internal organisasi, kemkominfo juga sebagai pembuat penetapan serta pelaksana kebijakan dibidang komunikasi dan informatika, melakukan pengawasan atas pelaksaaan tugas di lingkungan komunikasi dan informasi di tingkat fakultas, serta pelaksana bimbingan untuk seluruh pengelola dibidang komunikasi dan informatika di tiap fakultas. Kemkominfo bertanggung jawab mengumpulkan, mengelola, serta mempublikasikan seluruh sumber informasi seputar kampus dan seluruh elemen yang mendidik kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka pada khususnya dan khalayak ramai pada umumnya.

Kementerian Pemuda dan Olahraga

Kemenpora mewadahi minat dan bakat mahasiswa. Kementerian ini dibentuk karena perlunya suatu wadah yang dapat menyalurkan minat dan bakat mahasiswa, khususnya dalam bidang olahraga. Tanpa kita ketahui, banyak mahasiswa yang mempunyai potensi besar di bidang olahraga. Selain itu, potensi mahasiswa di bidang seni juga tidak kalah besarnya. Banyak mahasiswa yang unggul dari segi kreatifitasnya. Dengan mengembangkan potensi-potensi tersebut, diharapkan mahasiswa dapat mengejar prestasi dengan mengikuti berbagai perlombaan yang pada akhirnya akan membawa UHAMKA untuk bisa bersaing bahkan unggul pada lingkup ekstrenal.

Selain bergerak di bidang olahraga, kemenpora juga bergerak di bidang kepemudaan. Pemuda adalah harapan bangsa. Mereka memiliki potensi yang besar, mimpi yang tinggi, serta idealisme yang kuat dalam dirinya. Serta selalu dapat memberikan peran perubahan untuk masa depan. Dalam bidang kepemudaan, kemenpora menciptakan program kerja yang erat kaitannya dengan peran pemuda. Peranan pemuda dan mahasiswa tentunya masih sangat diperlukan untuk regenerasi dalam mewujudkan dan melanjutkan cita-cita bangsa ini yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan terdahulu. Maka dari itu diharapkan para generasi muda memahami peranannya dan dapat melakukan hal-hal positif yang bermanfaat untuk masyarakat, bangsa, dan negara.